Jenis-jenis Penyakit yang Dapat Menyerang Ikan Hias

Jenis-jenis Penyakit yang Dapat Menyerang Ikan HiasMemelihara ikan hias di rumah memang menjadi salah satu hiburan tersendiri bagi sebagian orang. Namun ketika kita memelihara ikan hias, kita harus merawatnya dengan baik. Karena jika kita asal-asalan dalam merawat maka ikan hias yang kita pelihara dapat dengan mudah terserang penyakit. Biasanya penyakit yang menyerang ikan hias disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kualitas air yang buruk, kualitas pakan yang buruk, perawatan yang tidak baik dan juga penularan dari ikan baru yang sakit. Nah, agar ikan hias yang kita pelihara tetap dalam keadaan sehat maka sudah seharusnya kita wajib memperhatikan beberapa faktor tadi. Selain itu mengenali jenis-jenis penyakit yang dapat menyerang ikan hias pun sangat penting bagi kita, karena kita dapat melakukan pencegahan sekaligus pengobatan jika suatu saat ikan kita terserang penyakit. Apa saja jenis penyakit yang dapat menyerang ikan hias? Untuk lebih lengkapnya mari kita simak dibawah ini:

  1. Penyakit White Spot (Bintik Putih)

Penyakit white spot atau bintik putih merupakan penyakit yang sangat umum menyerang ikan hias, baik itu yang dipelihara di dalam aquarium rumah maupun yang di pelihara di kolam. Penyakit ini dapat kita ketahui secara langsung, karena ikan yang terserang penyakit ini pada bagian badannya akan terlihat dipenuhi bintik bintik putih yang kasat mata. Penyakit white spot biasanya menyerang ikan dengan kondisi kekebalan tubuh yang lemah, ini dapat disebabkan oleh perubahan suhu air dan juga pemberian makanan ikan yang salah.

  1. Infeksi Jamur (Achilya, Saparolegnia)

Penyakit jamur achilya dan saparolegnia merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang semua jenis ikan hias. Penyakit ini berupa benang-benang halus berwarna kecoklatan yang menempel pada tubuh ikan. Biasanya penyakit ini timbul karena kondisi air dan tempat hidup ikan yang kotor.

  1. Cacing Jangkar (Lernea sp.)

Penyakit ini disebut cacing jangkar karena cacing yang menyerang tubuh ikan memiliki kepala seperti jangkar. Fungsi dari kepala yang seperti jangkar itu digunakan sebagai alat untuk menempel pada tubuh ikan yang diserang. Biasanya cacing ini akan menempel cukup kuat pada bagian tubuh ikan dan menghisap nutrisi serta menimbulkan luka.

  1. Aeromonas sp.

Ini merupakan penyakit ikan yang sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kematian masal pada ikan yang anda pelihara. Karena penyakit ini gampang sekali menular, maka ada baiknya untuk menghindari kematian masal anda harus mengkarantina ikan yang sakit. Serta membersihkan media pemeliharaan dengan bersih. Menambahkan antibiotik serta garam ikan pada air baru sangat ampuh sekali untuk mencegah timbulnya penyakit ini.